JUAL KUE KU (kue tok) SIDOARJO - SURABAYA

Rp 2.000



JUAL KUE KU (kue tok) SIDOARJO - SURABAYA


          Kue Ku adalah Kue yang terbuat dari Tepung Ketan yang diisi Kacang Hijau. Rasanya kenyal sedikit lengket dengan manis kacang hijau yang sangat lembut. Kue ini adalah Jajanan Tradisional Indonesia Pertama yang saya kenal dan saya sudah suka sejak balita sampai saat ini. anda bisa memesannya di Jual Snack Box Di Sidoarjo, Jual Snack Box Di Surabaya.

Menurut cerita ibu ibu penjual kue gendongan langganan saya di Tuban, kue ku ini di Jawa juga sering dipanggil dengan sebutan Kue Thok, karena saat mengeluarkan dari cetakan harus diketok kencang supaya jajanannya jatuh dari cetakan. Namun kalau kata sesepuh lain, Kue ini katanya berasal dari TiongKok dengan nama Ang Ku Kueh. Entahlah artinya, tapi setahu saya, Ang itu artinya Merah. Kata ini pasti merujuk pada warnanya yang merah.

Hmm… dengan tahu Ang itu merah, bukan berarti saya bisa bahasa mandarin loh ya hihiihi, karena kebetulan nama keluarga saya, Ang, dan kata mama Ang itu artinya Merah (dalam arti umum). Orang Barat menyebut kue ini dengan sebutan Red Tortoise Cake.

Jika kita perhatikan dengan seksama, kue ku ini memiliki bentuk seperti Kura Kura. Menurut cerita yang beredar, kura kura dalam tradisi Tiong Kok melambangkan usia yang panjang dan kemakmuran. Maka tak heran, pada beberapa acara, kue ini juga digunakan sebagai sesaji. Hm,… kira kira inilah sejarah kue ku yang saya tahu. Seperti sejak kapan kue ku ini di buat atau asal mula pertama dari negeri mana, saya juga kurang paham betul. Tapi kemungkinan besar ya berasal dari komunitas orang Tiong Hoa.

Kue ku ini banyak bisa kita jumpai di pasar pasar tradisional dan di toko toko kue yang agak merakyat.

CARA MEMBUAT

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

250 gram Tepung ketan
225 ml Santan kelapa encer
50 gram Gula pasir
Garam secukupnya
Pewarna makanan secukupnya (warna merah , hijau, orange, dll sesuai selera masing – masing)
Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk Isian Kue Tok (Ang Ku Kueh) yang Enak dan Manis :

250 gram Kacang hijau
125 gram Gula pasir
50 ml Minyak sayur
750 ml Air bersih
Garam secukupnya
Cara membuat Kue Tok (Ang Ku Kueh) yang Enak dan Manis :

Mula – mula menyiapkan sebuah wadah atau mangkuk besar kemudian masukkan tepung ketan, santan kelapa encer, gula pasir, dan garam ke dalam wadah tersebut, aduk aduk hingga semua bahan tercampur secara merata
Kemudian tuangkan pewarna makanan warna merah ke dalam adonan tersebut lalu aduk – aduk kembali hingga adonan menjadi kalis. Kemudian sisihkan.
Setelah itu cuci bersih kacang hijau, kemudian rendam sebentar dengan air bersih.
Selanjutnya siapkan panci rebusan dan masukkan kacang hijau ke dalam panci untuk direbus hingga agak lembut dan lunak.
Lalu tambahkan gula pasir dan garam ke dalam rebusan kacang hijau. Masak terus hingga air rebusan menyusut, kemudian masukkan minyak sayur dan biarkan hingga airnya mengering, lalu sisihkan.
Setelah itu ambillah adonan kira – kira 1 – 2 sendok makan, lalu bentuklah adonan menjadi bulat, pada bagian tengah adonan berilah bahan isian kacang hijau yang sudah dipersiapkan tadi secukupnya kemudian bulatkan lagi hingga bahan isian tertutupi.
Lalu ambillah cetakan kue tok yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak goreng kemudian masukkan bulatan adonan ke dalam cetakan tersebut dan padatkan.
Setelah itu siap potongan daun pisang yang sudah diolesi dengan minyak goreng untuk alas kue tok lalu balikkan cetakan kue tok agar adonan keluar dari dalam cetakan di atas alas daun pisang.
Lakukan dan ulangi proses yang sama untuk mencetak adonan kue tok.
Setelah semua adonan selesai dicetak, lalu kukus adonan kue tok selama kurang lebih 15 menit di dalam panci kukusan hingga matang.
Setelah dirasa sudah matang, angkat dan keluarkan kue tok dari dalam panci kukusan dan letakkan kue tok di atas piring saji.
Kue tok (Ang Ku Kueh) sudah siap untuk dihidangkan.

BAHAN - BAHAN YANG DI BUTUHKAN


250 gram Tepung ketan
225 ml Santan kelapa encer
50 gram Gula pasir
Garam secukupnya
Pewarna makanan secukupnya (warna merah , hijau, orange, dll sesuai selera masing – masing)
Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk Isian Kue Tok (Ang Ku Kueh) yang Enak dan Manis :

250 gram Kacang hijau
125 gram Gula pasir
50 ml Minyak sayur
750 ml Air bersih
Garam secukupnya.

dan masi ada lagi kue tradisional yang tak kalah lezat yang bisa anda pesan di JUAL KUE PUTRI MANDI SIDOARJO - SURABAYA.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pasar Catering | Paket Nasi Box, Nasi kotak, Snack Box Sidoarjo - Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger