JUAL KUE PASTEL SIDOARJO - SURABAYA

Rp 2.000





JUAL KUE PASTEL SIDOARJO - SURABAYA


Pastel adalah semacam pastry yang dibuat dengan meletakkan isian di dalamnya, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Pastel mudah dibawa seperti roti. Pastri manis umumnya berisi buah-buahan dan dibuat dari adonan pastry tipis. Pastri gurih umumnya berisi daging dan sayuran. Pastel bisa dipanggang maupun digoreng.

asa usul kue pastel
Asal muasal kue ini konon berasal dari Mediterania, Timur Tengah sampai India. Diperkenalkan di Eropa Selatan saat penyerbuan Bangsa Moor ke Eropa pada masa Perang Salib. Kue ini kemudian mengalami modifikasi hingga menjadi kue khas Eropa Selatan dengan nama Empanada. Namanya berasal dari kata kerja empanar, yang berarti bungkus atau mantel dalam roti

Kolonialisme Portugis dan Spanyol lalu membawa kue pastel ke negara-negara jajahannya sehingga menjadikan kue ini begitu populer di Amerika Latin, Filipina, termasuk Indonesia. Empanada di Amerika Latin, Filipina, dan Indonesia memiliki variasi isian.

Adapula yang menganggap camilan ini diadaptasi dari wonton goreng Cina, yang kemudian dibawa imigran Jepang ke Brazil. Istilah Pastel adalah sebutan lokal masyarakat Brazil untuk kue ini. Di Brazil, pastel merupakan pastry tipis yang dibentuk persegi panjang seperti amplop dan digoreng. Isiannya berupa daging giling, mozzarella, bagian dalam batang kelapa, catupiry cream cheese, ayam, dan ebi. Namun kue pastel kini banyak di temui di toko toko daerah Seperti  Toko Snack Box Murah Di Surabaya

CARAMEMBUAT KUE PASTEL


Kue yang bernama pastel ini fleksibel, mau dibuat untuk jenis pastel basah atau kering yang renyah. Hal ini juga tergantung dari isi dan cara akhir memasaknya, kalau diisi dengan sayuran, atau telur, bisa menjadi pastel basah. Atau jika ingin kering, biasanya disisi dengan abon, dan digoreng kering. Mengenai isinya, pada umumnya pastel berisi telur, ayam, bihun, dan wortel. Bisa juga daging sayuran, kentang, atau tomat, tergantung variasi yang disukai. Makanan ini biasanya sangat digemari anak-anak, dan untungnya pastel sangat bergizi jika dilihat dari isinya. Biasanya ada 3 tahapan membuat pastel, yaitu membuat kulit, dan isi, namun disini kita akan memberikan yang ke 3 yaitu saus(pilihan). Untuk kulit Anda bisa membeli yang sudah siap pakai, jika merasa terlalu ribet membuat sendiri. Advertisement Resep cara membuat pastel goreng isi lengkap yang enak Bahan bahan dan bumbu : Sediakan minyak untuk menggoreng Bahan untuk Kulit : 1/4 kilogram terigu biasa atau protein sedang 1 butir telur 3 sdm margarin 1/2 sdt garam 60 ml air Bahan untuk isi : 1 buah wortel dipotong kecil-kecil atau diparut kasar 3 butir telur direbus, masing-masing dibagi menjadi 4 bagian 1/2 dada ayam fillet, direbus, suwir-suwir 1/4 kilogram bihun, disiram air panas, tiriskan. 1/4 sdt merica bubuk 1/2 sdt gula pasir 3/4 garam Bumbu dihaluskan : 7 buah bawang merah 6 siung bawang putih Coba Juga :   Membuat Pewarna makanan/kue Dari Bahan Alami Saus, aduk hingga rata : 2 sdm sambal bangkok 1 sdm sambal belibis 1 sdm air matang Cara membuat : Isi : Panaskan minyak sebentar, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan hingga mucul aroma harum. Masukkan wortel dan ayam yang sudah di suwir-suwir, aduk hingga wortel menjadi setengah layu. Masukkan garam, gula, merica, dan masak hingga matang. Ketika mau diangkat, masukkan bihun, lalu Aduk rata. Kulit: Kocok telur sebentar, kemudian masukkan semua bahan kulit, aduk asal tercampur rata. Bentuk adonan menjadi tipis mengunakan gilingan mi. Mulailah dari ketebalan nomor 1 yang paling tebal. Kemudian giling lagi sampai ketebalan yang paling tipis atau nomer 5. Cetak dengan cetakan kulit pastel. Menggunakan gilingan kayu juga bisa, usahakan rata dan tipis. Setelah kulit selesai, masukkan bagian isi yang sudah ditumis tadi, tambahkan sepotong telur. Lipat dan dipilin tepinya. Goreng : Panaskan minyak goreng hingga menjadi panas betul, matikan, apinya, lalu masukkan pastel, aduk-aduk. Setelah itu nyalakan kompor kembali dengan api kecil, goreng pastel hingga matang. Sajikan dengan sausnya Demikian resep mudah membuat pastel yang lembut, dengan isi lengkap sebagai sajian bergizi untuk keluarga Anda tersayang.
Kunjungi Juga menu menu yang tak kalah lezat di Jual Kue Basah Di Sidoarjo

TIPS SEHAT


Kalori yang cukup tinggi yang terkandung di dalamnya membuat makanan ini dapat dinikmati oleh Ibu hamil dan menyusui yang memang membutuhkan makanan (diet) tinggi kalori, sebagai camilan atau snack diantara waktu makan utama.
Anda bisa mengganti isi pastel sesuai selera atau menambahkan isi dengan aneka sayuran agar lebih banyak nutrisinya.
Jika ingin menikmati makanan goreng-gorengan seperti pastel contohnya, sebaiknya Anda memilih untuk membuatnya sendiri di rumah, karena tentu akan lebih terjamin kualitas kebersihan dan kesehatannya.
Untuk menghindari atau mengurangi radikal bebas, gunakan minyak yang bagus dan maksimal tidak lebih dari 3 kali penggunaan.
Anda tentu masih ingat beberapa kasus pedangan nakal yang marak terjadi belakangan ini, bukan? Para pedagang nakal tersebut menggunakan minyak jelantah, minyak yang sudah dipakai berulang-ulang. Bahkan pada beberapa kasus ada pedagang nakal yang menggunakan minyak yang juga dicampur dengan plastik untuk membungkus, dengan alasan agar hasil gorengannya menjadi lebih nikmat dan lebih gurih. Namun, bisa Anda bayangkan betapa banyaknya radikal bebas yang terbentuk. Ini tentu amat berbahaya bagi kesehatan, terlebih bagi ibu hamil, dan menyusui.

Hal ini tentu bukan untuk menakut-nakuti Anda atau pun menjelekkan pihak tertentu. Tetapi, alangkah lebih baiknya bila kita lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan yang ingin dikonsumsi. Untuk itu, membuat makanan sendiri di rumah (apalagi bagi ibu hamil dan menyusui) rasanya akan lebih baik dan lebih aman untuk kesehatan.

Nilai gizi per porsi :
Kalori 135 kal
Protein 3,6 gr
Lemak 5,3 gr
Karbohidrat 14,7 gr
Kolesterol 24,3 mg
Serat 0,2 gr
dan masih ada lagi dengan makanan yang tidak kalah nikmat baca juga cara membuat.
lihat juga kue yang tak kalah nikmat di JUAL KUE LUMPIA SIDOARJO - SURABAYA

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pasar Catering | Paket Nasi Box, Nasi kotak, Snack Box Sidoarjo - Surabaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger